Minggu, 03 Juni 2012

Lampu Tenaga Surya Sederhana


Membuat lampu tenaga surya dari botol plastik bekas? Jika Anda hidup di daerah perumahan yang padat dan jarak antar rumah saling berhimpitan, sehingga jumlah cahaya yang di dapat sangat sedikit, maka cara ini mungkin dapat dilakukan sebagai solusinya.
Bahan yang diperlukan hanyalah botol plastik bekas (yang transparan tentunya), air dan pemutih pakaian. Sayangnya, lampu ini hanya bisa dinikmati saat siang hari saja. Daya penerangannya setara dengan 60 watt.
Bagaimana cara membuatnya? Ternyata sangat mudah. 
  1. Siapkan botol plastik bekas minuman softdrink ukuran satu atau dua liter
  2. Kelupas merek yang menempel agar plastik benar-benar transparan
  3. Isi botol tersebut dengan air sampai kira-kira ¾ bagian
  4. Masukkan pemutih pakaian secukupnya kemudian aduk hingga rata
  5. Tutup botol dengan rapat
Lampu ini sekarang sudah siap dipasang.
Bagaimana cara pemasangan instalasi ini? Caranya sangat mudah, tinggal pasang diatap rumah, lebih mudah yang beratap seng dengan cara melubangi seng selebar botol, kemudian pasang botol dengan tutup botol berada di atas sampai sepertiga bagian, kemudian lem hingga rapat. Lampu ini sudah siap berfungsi sebagai alat penerangan berkekuatan 60 watt.
Prinsip kerjanyaadalah difraks cahaya oleh air sehingga cahaya menyebar ke seluruh ruangan. Berbeda dengan cahaya yang langsung masuk tanpa melalui proses difraksi, cahayanya hanya menerangi  bagian tertentu saja. Bahan pemutih pakaian berfungsi untuk menjaga air tetap bersih dan bebas dari jamur dan mikroba.

0 komentar:

Posting Komentar